Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer, tetapi merupakan semua perangkat atau peralatan yang dapat membantu seseorang  bekerja dan segala hal yang berhubungan dengan suatu proses, dan juga bagai mana suatu informasi itu dapat sampai ke pihak yang membutuhkan, baik berupa data, suara ataupun video. Di bidang Ekonomi dan bisnis, Perkembangan Teknologi telah dan sangat berpengaruh terhadap aspek ekonomi dan bisnis di dunia dan secara khusus di Indonesia, sebagai salah satu negara yang besar dengan jumlah penduduk yang merupakan kekayaan bangsa, ini merupakan satu kesempatan besar bagi masyarakat untuk mengembangkan kreatifitas diri, dan efektifitas kerja. Pengembangan website sebagai tempat untuk melakukan bisnis dan kegiatan ekonomi. Maka sangatlah diharapkan untuk masyarakat yang memiliki keahlian dalam program dan web design untuk mengembangkan website yang berbasiskan kepada program-program pengolahan data dan pembuatan laporan, serta analisa ekonomi, sebagai hasil karya anak bangsa, sehingga website dan program tersebut dapat digunakan untuk efektifitas kerja dan juga meningkatkan kreatifitas masyarakat untuk lebih lagi mengembangkan diri. Pengembangan E-Commerce yang dapat dipercaya dan dapat dipertanggung jawabankan akan mencirikan kreatifitas dan nama Indonesia. Pengembangan industri kreatif di bidang bisnis melalui jaringan internet yang mengundang banyak orang untuk bergabung dengan memberikan akses kepada anggotanya untuk menggabungkan ide, dan membuat suatu kreatifitas bersama dan setia orang dapat mengembangkan ide dan pengetahuannya untuk menghasilkan satu karya.
Cara memrproduksi bisnis yang baik
Era globalisasi salah satunya ditandai dengan proses terintegrasinya perekonomian, masyarakat, dan budaya ke dalam suatu jaringan global melalui teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi kini tampil sebagai intangible agent of change yang mengubah prilaku masyarakat dan peradaban manusia secara global. Di samping itu, perkembangan teknologi informasi telah menyebabkan dunia menjadi tanpa batas (borderless) dan menyebabkan perubahan sosial yang secara signifikan berlangsung demikian cepat. Salah satu penemuan di bidang teknologi informasi yang sangat mempengaruhi perkembangan perekonomian adalah internet (interconnection networking), sebagai media komunikasi yang cepat dan handal. Pola komunikasi melalui internet telah mengubah wajah dunia perdagangan dari pola perdagangan tradisional ke dalam bentuk yang lebih modern, yaitu bentuk perdagangan secara virtual yang dikenal dengan electronic commerce (e-commerce).
Transaksi perdagangan melalui internet (e-commerce) sangat menguntungkan, sehingga transaksi perdagangan ini sangat diminati oleh para pelaku usaha (business to business) karena telah mengubah cara para pelaku usaha tersebut dalam memperoleh produk yang diinginkan, mempermudah proses dalam pemasaran suatu produk (promosi) serta berbisnis dengan counterpart di luar negeri.
Contohya dalam dunia bisnis online tentunya bidang TI (Teknologi Informasi) sangatlah berperan dan memberikan pengaruh yang begitu pekat di dalamnya. Di Indonesia, bisnis online sudah sangat menjamur dan bahkan sudah berkembang begitu pesat, misalnya dalam hal penjualan produk-produk barang ataupun jasa yang ditawarkan. Saat ini toko butik pun bisa saja tidak harus memiliki tempat atau wujud nyata dimana kita bisa berkunjung dan memilih barang-barang yang diinginkan di sana. Kini hanya tinggal membuka sebuah halaman website, kemudian kita dapat langsung melihat-lihat dan memilih barang apa saja yang ingin kita beli dan dalam waktu yang singkat barang tersebut sudah dapat kita terima. Begitulah dunia bisnis online yang sudah begitu banyak memberikan kemudahan bagi para konsumen maupun para pengusaha. Namun dalam bahasan saya kali ini yaitu mengenai pengaruh dan peranan Teknologi Informasi terhadap perkembangan bisnis online di Indonesia. Saat berkunjung ke mal, kita harus berjalan mengitari toko demi toko. Di Internet, berbagai tokolah yang akan datang dan pergi di depan mata kita. Tidak ada tempat yang terlalu sempit untuk berdagang, terutama jika tempat itu bernama Internet. Kita dapat melihat transaksi jual beli terjadi pada berbagai forum, mailing list, blog, sampai website social networking terpopuler saat ini. Namun untuk dapat membangun sebuah sarana atau tempat untuk menampilkan barang atau jasa yang ditawarkan tersebut, kita membutuhkan tenaga atau pengetahuan tentang TI tersebut dalam merancang sebuah toko online/online shop. Online shop merupakan bentuk yang lebih sederhana, antara pembeli dan penjual dapat langsung berinteraksi. Pembayaran tidak harus menggunakan payment gateway (walaupun bisa jadi online shop tertentu memiliki fitur tersebut), sistem pembayaran yang terpisah (melalui transfer/e-banking) dan di-confirm setelah pembayaran dilakukan, masih merupakan alternatif yang populer di Indonesia. Teknologi Informasi dapat didefinisikan sebagai suatu teknologi yang berfungsi untuk menghasilkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan informasi tersebut dengan berbagai bentuk media dan format (image, suara, text, motion pictures, dsb). Dampak yang dihasilkan dari Teknologi Informasi tersebut bermacam-macam, di antaranya jika dilihat dari segi positif, misalkan pada bidang jasa pelayanan kesehatan. Institusi kesehatan menggunakan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan secara terpadu dari pendaftaran pasien sampai kepada sistem penagihan yang bisa dilihat melalui internet. Contoh lain misalnya di bidang hiburan. Sekarang banyak bermunculan polling atau layanan masyarakat dalam bentuk SMS (Short Message Service), termasuk juga untuk sistem perbankan. Setelah dirasakan bahwa teknologi Informasi dapat menggantikan cara konvensional yang memberikan benefit, maka orang mulai melihat kelebihan lainnnya, misalnya menggantikan sarana pengiriman surat dengan surat eletronik (e-mail), pencarian data melalui search engine, chatting, mendengarkan musik, dan sebagainya dimana pada tahapan ini orang sudah mulai menginvestasikan kepada perangkat komputer. Nah, dari manfaat yang didapatkan, teknologi informasi mulai digunakan dan diterapkan untuk membantu operasional dalam proses bisnis. Misalnya perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan menyediakan informasi jasa dan produk yang ditawarkan tanpa dibatasi waktu dan ruang. Orang sudah mau investasi dalam menyediakan perangkat keras dan lunak untuk mengelola data dan menghasilkan laporan secara lebih akurat dan menyeluruh. Dari level top management proses pengolahan data menjadi informasi dan akhirnya menjadi pengetahuan (knowledge) digunakan sebagai proses untuk mengambil keputusan sehingga keputusan yang diambil akan terstruktur dan terarah (Executive Decision Making). Tahapan terakhir dimana orang sudah berani menginvestasi secara optimal untuk perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya manusia untuk mengoperasikan bisnisnya. Pemanfaatkan teknologi infomasi sudah secara menyeluruh dan terpadu untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan dan meningkatkan effisiensi dan effektivitas perusahaan. Pengaruh dan peranan teknologi informasi secara tidak langsung telah membuat bisnis online di Indonesia berkembang. Karena dengan teknologi ini, kita bisa mengetahui bagaimana cara belajar dan bekerja seperti bekerja bisnis secara online. Bagaimana cara berkomunikasi, memberikan tampilan, informasi tentang bisnis online tersebut agar para pelanggan mudah untuk melakukan penawaran jula beli. Mereka yang mengerti bisnis dapat melihat peluang yang baik pada dunia bisnis online. Karena banyak keunggulan atau keuntungan di dalam bisnis secara online. Para pe-bisnis tersebut tidak perlu mencari kios atau tempat untuk melakukan bisnis, berbisnis online hanya dengan komputer dan koneksi internet, tidak perlu membayar karyawan, dan masih banyak lagi keuntungannya. Jadi, Teknologi Informasi (TI) sangat berperan penting di dalam perkembangan bisnis online di Indonesia yang juga dapat meningkatkan perekonomian di negara ini.
Contoh Perusahaan yang memproduksi bisnis dengan sangat baik
  1. Telkom Menjadi Perusahaan Teknologi Informasi No. 12 Terbaik Di DuniaShare
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. kembali mencatat prestasi Internasional. Perusahaan Nasional yang sahamnya juga tercatat di New York Stock Exchange itu berhasil menduduki peringkat 12 dalam InfoTech 100 di majalah berita bisnis internasional BusinessWeek Global - Amerika. Pemeringkatan ini memanfaatkan data Standard & Poor’s yang mengacu pada pencapaian kinerja sepanjang tahun 2005.
President Director Business Week Indonesia, Robert Eskappa mewakili BusinessWeek Global - Amerika menyerahkan penghargaan Award kepada TELKOM yang diterima oleh Direktur Utama PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Arwin Rasyid, di Jakarta (20/7).
InfoTech 100 adalah pemeringkatan tahunan terhadap kinerja perusahaan-perusahaan teknologi informasi di dunia berdasarkan laporan keuangan. Tahun lalu, TELKOM berada di posisi 20 dan tahun ini berhasil mengungguli perusahaan ternama seperti Google, Accenture, dan juga Dell. Prestasi TELKOM ini telah diterbitkan di majalah BusinessWeek edisi 3 Juli yang beredar secara internasional dan BusinessWeek Indonesia edisi 26 Juli.
Catatan penting yang digarisbawahi oleh BusinessWeek adalah prestasi TELKOM yang pada 2005 mencatat kenaikan pendapatan 23% dan laba bersih 21%. Hal ini terutama didorong ekspansi anak perusahaan di bidang seluler yang berhasil mendapat 24 juta pelanggan (dari total 47 juta pengguna seluler di Indonesia). Dibanding kinerja perusahaan teknologi di dunia, pertumbuhan TELKOM tentu mendapat penilaian sangat baik.
Secara global, prestasi TELKOM sebetulnya tidak mengherankan. Perusahaan telekomunikasi yang menggarap wilayah-wilayah berkembang-dengan tingkat penetrasi seluler masih rendah-menunjukkan kinerja mengagumkan. Tahun ini, 4 perusahaan telekomunikasi yang beroperasi di wilayah-wilayah tersebut menduduki 10 besar peringkat. Untuk pasar Indonesia sendiri, ke depan, layanan seluler diyakini masih akan cerah. Pada 2010, diperkirakan jumlah pelanggan akan mencapai 100 juta.
Dalam kategori industri telekomunikasi, TELKOM kini berada di posisi 5 setelah America Movil (Meksiko/1), Telefonica Moviles (Spanyol/6), Telefonica (Spanyol/7) dan China Mobile (Hong Kong/8). Prestasi perusahaan Indonesia itu berada di atas BT Group (Inggris/20), China Netcom Group (Hong Kong/21), Telenor (Norwegia/25), dan Telefonos De Mexico (Meksiko/27). Sementara itu, perusahaan telekomunikasi ternama Sprint (Amerika Serikat) berada di urutan 36, AT&T (AS) 53, dan LG Telecom (Korea Selatan) 64. Tahun ini, perusahaan raksasa France Telecom (Perancis) keluar dari daftar peringkat (tahun lalu perusahaan tersebut ada di urutan 45).
Arwin Rasyid, Direktur Utama PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk menyampaikan bahwa keberhasilan TELKOM tidak lain berkat adanya dukungan dan partisipasi dari seluruh masyarakat bangsa, sehingga TELKOM mendapatkan kepercayaan dunia menduduki posisi peringkat 12. "TELKOM tetap akan mengambil peran strategis sebagai National Flag Carrier", tambahnya. Arwin Rasyid juga berharap kedepan seluruh stake holders Telkom dapat lebih meningkatkan kerjasama dalam rangka untuk menghasilkan kinerja perusahaan lebih baik lagi.
"Di tengah situasi yang sangat menantang saat ini, penghargaan ini sangat berarti bagi Telkom," ujarnya. Telkom sendiri saat ini sedang dalam proses mengimplementasikan Sarbanes Oxley Act (SOX) sebagai standard compliance dan corporate governance baru yang sangat ketat dan menuntut transparansi dan disclosure kepada investor/publik.
Dirut TELKOM kembali menyampaikan sekilas kinerja tahun 2005 diantaranya perusahaan mampu menghasilkan laba Bersih Usaha Konsolidasi tahun 2005, yang tumbuh sebesar Rp.1,4 Triliun atau 21% menjadi Rp.8 triliun. Hal ini menyebabkan Perseroan masih bisa mempertahankan EBITDA Margin diatas 60% dan termasuk yang tertinggi di Asia Pasifik.
Di tahun 2005 Arwin Rasyid menambahkan, merupakan tahun yang penuh tantangan bagi perekonomian nasional, ditandai meningkatnya harga BBM dan harga minyak dunia, inflasi dan suku bunga yang tinggi. Dampak negatifnya terasa ke berbagai sektor, baik sektor riil maupun industri keuangan. Namun ditengah kondisi ekonomi makro yang penuh tantangan tersebut, sektor telekomunikasi menunjukkan daya tahan dan daya tumbuh yang baik.
Untuk mengantisipasi berbagai tantangan dan menangkap berbagai peluang, seiring target kapitalisasi pasar sebesar US$ 30 Milyar di tahun 2010, TELKOM menyepakati 4 (empat) Inisiatif Strategi Perseroan, yakni : Revenue Growth Enhancement, Cost and Technology Management, Value Creation Through Synergy, Alliance and Partnership; dan Paradigm Shift.
Sejalan dengan rencana pengembangan bisnis perusahaan guna mencapai target kapitalisasi pasar sebesar US$ 30 Milyar di tahun 2010, Telkom kedepan akan mengembangkan bisnis dan produknya antara lain : layanan untuk pelanggan korporasi seperti bisnis call centre, transaksi finansial, dsb. Untuk meraih peluang pasar broadband di dalam negeri dan mengantisipasi turunnya bisnis telepon tetap, Telkom juga akan mengembangkan bisnis IP TV. Direncanakan, paling cepat di akhir tahun 2007 layanan IP TV sudah akan di operasikan oleh Telkom.


16 Responses to "Cara memproduksi bisnis yang baik di bidang Teknologi Informasi"

  1. meilina dwi aryani Says:

    disini dikatakan cara memproduksi bisnis yang baik, tetapi cara-cara yang dimaksud belum terlalu jelas untuk bisa diikuti khususnya bisnis secara online. Disini saya akan menguraikan beberapa cara memproduksi bisnis yang baik, antara lain :
    1. Perencanaan
    Untuk anda yang baru memulai menjalani bisnis online, tetapkan sebuah perencanaan dan program apa yang akan anda geluti untuk pijakan pertama dalam bisnis online anda. Susunlah list kerja yang akan anda lakukan untuk memulai bisnis online. Seperti memperdalam salah satu program bisnis online, membuat blog untuk di monetasi atau yang lainnya. Tanpa perencanaan yang jelas niscaya seringkali banyak pemula yang menemui kegagalan dalam bisnis online.

    2. Modal untuk Berinvestasi
    Sering kali banyak orang terjebak dengan iming - iming bahwa bisnis online bisa dilakukan dengan gratis alias tanpa modal. Itu mungkin bisa saja terjadi untuk orang yang sudah berpengalaman dalam berbisnis online. Tapi untuk anda yang baru ingin memulai bisnis online, lupakan hal tersebut, namanya juga bisnis maka perlakukan layaknya sebuah bisnis. Untuk itu ada nilai investasi yang harus anda keluarkan apapun itu bentuknya. Contoh kecilnya adalah seperti : membeli domain, membeli hosting, membeli produk informasi sebagai jalan singkat anda dalam belajar.


    3. Segera bertindak ( do it !!! )
    Ada pepatah bijak mengatakan: orang yang berusaha ada kemungkinan untuk gagal, tapi orang yang tidak berusaha sudah pasti adalah orang yang menemui kegagalan dan kekalahan. Hanya ada dua pilihan anda pilih yang mana? Sudah tentu akan pilih yang pertama, maka dari itu sekecil apapun ilmu dan pengetahuan yang telah anda dapatkan dari proses belajar bisnis online segera aplikasikan dengan langkah langkah kecil terlebih dahulu, jangan takut salah, karena untuk sukses di bisnis online harus action supaya tidak berjalan di tempat.


    4. Lupakan Kesempurnaan
    Tidak mungkin pertama anda terjun ke dunia bisnis online segala sesuatunya akan sempurna, dalam proses perjalanannya akan menemukan rintangan serta hambatan. Jadikanlah hal tersebut sebagai tantangan untuk lebih mengenal bisnis online anda yang mulai berjalan.


    5. Fokus pada bisnis online anda
    Penghambat dalam memulai bisnis online anda adalah tidak fokus, pikiran anda terlalu banyak terbagi karena ingin menguasai dan menjalankan sekaligus beberapa program bisnis online. Mungkin tidak masalah jika anda sudah berpengalaman, mau menjalankan berbagai macam bisnis online. Tapi Jika posisi anda adalah seorang pemula, jangan berani melakukan hal tersebut. Lebih baik fokus pada satu program bisnis online sampai anda mendapatkan penghasilan rutin dan cara menghasilkan uang di internet dengan benar.

    6. Tanamkan Sifat Sabar Sebagai Bagian dari Bisnis Online
    Yang ini adalah sifat yang harus ditanamkan dalam diri anda. Memulai bisnis online adalah sebuah rangkaian dan proses untuk di jalankan. Kesuksesan tidak datang tiba tiba. Jadi untuk anda yang ingin terjun ke bisnis online jadikan sifat sabar sebagai bagian dari bisnis anda.

  2. radid Says:

    Saya sependapat dengan Komentar melina dwi aryani tapi tidak semua poin,Yaitu:
    Perencanaan,
    Modal,
    fokus pada bisnis online anda,
    dan segera bertindak.(Radid setiyawan 10.22.026)

  3. resca arviasari Says:

    disini saya akan berbagi tentang pendistribusian telkom dalam menjual produk dan layanan yaitu melalui saluran distribusi utama berikut ini:
    1.Walk-in customer service points. Pelanggan memiliki akses ke produk dan layanan tertentu dalam walk-in customer service point ini.
    2.Tim Account Management (AM). Tim AM mempromosikan produk dan layanan TELKOM dengan cara yang terpadu untuk pelanggan bisnis dan operator telekomunikasi berlisensi lainnya.
    3.Warung telekomunikasi umum. Perusahaan telah mendirikan warung telekomunikasi umum ("wartel") di seluruh Indonesia bersama dengan pelaku bisnis skala kecil. Pelanggan dapat mengakses layanan telekomunikasi dasar, termasuk telepon lokal, SLJJ dan internasional, mengirim faksimile, mengakses internet dan membeli kartu telepon serta paket perdana, dan voucher TELKOMFlexi. Perusahaan secara umum memberikan potongan harga kepada wartel tersebut sebesar 30% dibandingkan dengan tarif telepon pelanggan. Wartel beroperasi secara non-eksklusif dan juga dapat menyediakan produk dan layanan operator lain.
    4.Situs web. Melalui situs web TELKOM, pelanggan dapat memperoleh informasi mengenai produk dan layanan utama dari TELKOM dan mendapatkan akses ke produk multimedia.
    5.Telepon Umum. Pelanggan dapat melakukan panggilan lokal melalui telepon umum.(1022028)

  4. Eko Susilo Says:

    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

  5. Eko Susilo Says:

    Menurut pendadapat saya sikap realistis juga perlu di pertimbangkan...Memulai bisnis online tanpa sebelumnya memiliki bisnis nyata akan sulit untuk dilakukan..

    Disini bagi saya bisnis online merupakan pengembangan dari bisnis nyata..sebagai langkah untuk memperluas jangkauan pemasaran..

    Jadi kesimpulannya bila kita memulai bisnis online secara langsung dengan memulai bisnis online berdasar bisnis kita yang telah berjalan sebelumnya maka akan lebih efektif bila kita memiliki bisnis nyata terlebih dahulu...karena telah dikenal lebih dulu dan telah memiliki relasi dan kepercayaan..baru setelah itu kita kembangkan bisnis online yang langkah-langkahnya telah dibahas di artikel yang saya komentari ini..
    kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih
    (1022037)

  6. Unknown Says:

    Saya setuju dengan pendapat Meilina tentang cara bisnis oline yang baik. namun mengenai modal untuk bisnis online bisa saja gratis, karena kebanyakan bisnis online dilakukan lewat media sosial facebook,karena facebook merupakan salah satu media sosial yang gratis. Jadi produk yang kita jual dikenalkan dulu pada temen2 di facebook,,
    Dan kita harus menjadi penjual yang jujur, jadi semua barang yang kita kenalkan harus dicantumkan harga barangnya,kondisi barangnya bagaimana,serta no telpon rumah atau hp yang dapat di hubungi serta alamat rumah atau kost dimana kita tinggal.
    Jika kita telah mengirimkan barang segera dikonfirmasi kepada konsumen dan di facebook bisa disertakan bukti telah mengirim barang tsb. (Agustina-10.22.001)

  7. Unknown Says:

    menurut saya, bisnis online bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja,pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, termasuk beberapa faktor:
    1. Menyediakan harga kompetitif
    2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
    3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
    4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
    5. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.

  8. Unknown Says:

    saya berpendapat dalam bisnis online ternyata tidak semuanya bisa berjalan lancar/sukses karena masih banyak bisnis online yang sepi dan jarang dikunjungi,hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah:
    1. Jarang Update
    2. Postingannya nggak bermanfaat
    3. Jarang blogwalking dan meninggalkan jejak
    4. Bukan Artikel Pilar(artukel bisa basi)
    5. Artikel kopas
    8. Terlalu banyak link dan iklan
    7. Cuek terhadap blog
    terimakasih
    (1022036.lina ristiani)

  9. Unknown Says:

    saya ingin berbagi pengalaman tentang bisnis online.. mencari uang melalui internet sebenarnya mudah karna itu pernah saya lakukan.. dengan istilah bisnis online ! asal kita mengenal relasi / customer yg kita layani demi menghindari kecurangan / penipuan ..saya sebagai pemula mencoba usaha online dengan cara “nebeng” yaitu.. dengan bisnis orang lain, menawarkan barang orang lain dengan me mark harga / menaikan harga dr sebelumnya. Anggap saja belajar mengelola bisnis. Bisnis online jenis ini lebih kecil resiko ruginya, karena tidak mengeluarkan biaya, atau jikalaupun harus mengeluarkan biaya, relatif sangat kecil. Namun, kelemahannya “nebeng”, masa depan bisnis itu paling ditentukan oleh hidup matinya awal pe bisnis tersebut. Mereka tutup, ya juga harus ikut tutup! Tapi sekali lagi, jika anda seorang pemula, saya anjurkan untuk memulai bisnis online yang “nebeng” terlebih dahulu.. Setelah anda berhasil mendapatkan keuntungan besar dr bisnis tersebut baru silahkan anda lakukan bisnis dengan modal / barang dagangan anda sendiri.. (Margarita 10.22.016)

  10. Unknown Says:

    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

  11. Unknown Says:

    Menurut saya semua hasil pengembangan IPTEK khususnya dibidang teknologi informasi tersebut telah mampu mengatasi sebagian besar masalah manusia dalam berbagai macam kegiatan pemenuhan kebutuhan hidup. Di zaman yang modern ini semua serba instan, cepat dan tepat. Walaupun demikian, penyalahgunaan IPTEK juga sering dilakukan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab dalam kegiatan kejahatan, dan bahkan merusak diri sendiri dan sesama. Sebagai makhluk yang berakal budi, maka kita seharusnya mensyukuri dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi ini untuk menjadikan hidup kita ke arah yang lebih baik.www.semangat.com (Andri Wahyu Irfai 10.22.oo2)

  12. Ikka Miyarti Says:

    Seiring dgn brkembngnya tekhnologi dan mnculnya brbagai macam jejaring sosial yg dpt mnjdi peluang bisnis.Bisnis online saat ini mmng mnjdi trend trsndri krena bisnis ini sngt mdh dilakukan.
    Menurut saya, kemudahan ini justru dpt disalahgunakan oleh oknum yg tdk brtanggungjawab yg dgn sengaja mndirikan bisnis online namun dgn tujuan yg negatif. Untk anda para pembeli,jgn mudah prcaya dgn tawaran" yg d jnjikan seller.
    Sbaiknya kenali dlu ciri"/trik yg d'gunakan seller untk mnipu.
    Ciri" yg paling umum/bnyak ditemukan pd jenis penipuan adlh:
    1. Harga barang sngt jauh dgn harga pasaran.
    2. Testimonial pembeli yg brlebihan,namun hnya monoton pd produk yg dijual oleh penjual/seller.
    3. Penjual tdk pernah mau brtransaksi secara lngsung.
    4. Penjual yg ingin menipu biasanya menipu dgn mmberikan alamat toko dan informasi lainnya untk myakinkan pembeli seolah mereka adalah pngusaha besar. Namun jika qta punya kenalan di kota yg sama cobalah minta tlng pd kenalan untk mmeriksa alamat tsb trlebih dahulu sblm mlakukan transaksi.

    Dgn mngetahui ciri" pnipuan di bisnis online,qta bsa lbh brhati" dlm brtransaksi dan jgn mudah prcaya bgitu saja trhdap suatu Online Shop yg mmberikan tawaran" d'luar kwajaran,gunakanlah logika anda bkn hnya mnuruti k'inginan untk brbelanja.
    Terimakasih.
    (Ikka-10.22.011)

  13. Unknown Says:

    saya kurang setuju dengan bisnis online, karena dalam berbisnis, kiranyaa adaa beberapaa hall pokokk yang perlu kitaa siapkan, seperti :
    1. Tentukan visi dan misi bisnis.
    Buatlah sebuah visi dan misi yang tepat dalam bisnis , Dengan adanya visi dan misi maka kita memiki sebuah target yang harus kita capai, sehingga janji kita tidak hanya dalam perkataan saja, tetapi pembuktian yang paling penting. Inilah salah satu cara yang utama, sehingga dengan adanya pembuktian maka kita bisa buatkan testimonial sebagai pengembangan dalam bisnis.

    2. Action (Lakukan Tindakan)
    Lakukan tindakan dengan tepat dan benar. Sebaik apapun ide bisnis yang kita miliki, jika kita tidak segera bertindak maka sia-sialah ide bisnis yang sudah Anda kembangkan. Mulailah usaha yang kita rencanakan dengan penuh keyakinan dan ketekunan. Untuk hal ini memang membutuhkan perjuangan dan perjalanan yang cukup panjang dengan kerja keras yang harus dijalankan.

    3. Tentukan gagasan bisnis yang akan dikembangkan.
    Sesuaikan juga usaha yang akan dibuka dengan kemampuan, minat atau bakat yang kita miliki, namun tanpa meninggalkan faktor peluang pasar yang ada pada masyarakat. Banyaknya pengusaha sukses, karena mereka memilih bidang usaha yang mereka sukai. Sehingga kita akan selalu berusaha mengembangkan bisnis yang kita miliki, dengan perasaan senang hati tanpa ada kejenuhan ataupun rasa bosan yang sering muncul.

    4. Selalu belajar dan lakukan pengamatan.
    Belajar melakukan pengamatan dari pengusaha yang sudah suskes, bukan hanya suskes tetapi sudah terbukti suskes dengan cara yang dia jalankan.

    5. Nikmati hambatan atau kegagalan
    Dalam bisnis memag tidak semuanya selalu untung, pasti ada kerugian yang kita alami, tapi disini kita harus berpikir bagaiamanapun caranya agar kerugian yang kita keluarkan sedikit, justru keuntunganlah yang harus Anda perbanyak.

    dengan pokok pokokk utamaa di atass, sayaa yakin bisnis apapun yang kita geluti pasti berhasil. (eni wibowo 10.22.042)

  14. Unknown Says:

    bisniss online belum tentu menjanjikan keberhasilan, lebih baikk berbisniss yang nyata duluu, baru setelah itu kita merambah ke bisnis yang online..okee..hehehehee (eni wibowo lagii 10.22.042)

  15. D3 Manajemen Informatika STMIK Bina Patria Magelang Says:

    Berikut 10 tips untuk memulai bisnis online :
    1. Kepercayaan pelanggan sangatlah penting
    Yang pertama, tulislah identitas anda yang asli dan jelas! Seperti nama lengkap dan panggilan, alamat email dan rumah, no telepon, foto asli anda, dan apa saja yang bisa dengan mudah dihubungi oleh pelanggan setelah membeli produk anda. Yang kedua adalah menjadi terkenal di dunia maya. Aktiflah di mailling list (milis), forum, komunitas internet, dan kalau bisa buatlah blog yang terkenal dan populer.
    2. Rajinlah memberi
    Setiap orang suka melihat website yang isinya menarik dan berguna bagi mereka. Jadi selain membuat website yang menjual, anda juga harus membuat halaman khusus untuk update artikel dan tips trik tentang yang berhubungan dengan apa yang anda jual.
    3. Akrablah dengan mesin pencari
    Menurut para praktisi internet, 60% pengunjung website yang kurang populer berasal dari search engine. Hal ini mungkin tidak berlaku bagi website yang sudah terkenal misalnya facebook.com, detik.com, twittter.com, dan amazon.com. Jadi dari 1000 pengunjung website anda, sekitar 600 dari mereka berasal dari search engine.
    4. Bangunlah kredibilitas
    Ada yang mengatakan ‘tulisan anda adalah kredibilitas anda’ maka, tulislah artikel yang sesuai dengan kemampuan anda.Dengan itu otomatis para pengunjung percaya dengan website, anda, dan produk anda.
    5. Minta dan tampilkan testimoni dari konsumen
    Mintalah para konsumen anda testimoni (apa yang konsumen dapatkan setelah membeli produk anda) dan juga minta konsumen untuk mengisi nama lengkap, email, alamat rumah dan blog/websitenya supaya calon konsumen lebih yakin bahwa testimonial itu asli dibuat oleh konsumen anda dan buka fiktif (buatan anda).
    6. Gunakan ilmu ‘pelet’
    ilmu pelet yang dimaksud adalah :
    Buat newsletter dan beri dia bonus (sebuah ebook, software, dll) jika dia bergabung di newsletter anda.
    Isi halaman depan anda dengan tulisan sales letter yang dahsyat!
    Rajin mengupdate konten (ini sudah dibahas di poin ke-2)
    Situs yang interaktif. Bukan seperti ada animasi dan film. Tetapi beri pelanggan anda untuk berkomunikasi dengan anda.
    7. Bangunlah komunitas
    Seperti membuat komunitas fanpage di Facebook, forum diskusi, dll. Dengan itu anda akan lebih mudah mencari orang yang membutuhkan produk anda. Juga untuk mempermudah menargetkan calon pembeli.
    8. Bangunlah sistem afliasi
    Afliasi adalah singkatan dari Affliate Marketing atau makelar dalam bahasa offline. Yaitu jika para konsumen anda membeli produk anda, maka dia dapat mempromosikan produk anda dan mendapatkan sejumlah komisi dari anda jika yang diajak membeli itu mau membeli produk anda.
    Promosi dengan afliasi/reseller sangat menjanjikan. Bayangkan anda memiliki banyak staff marketing tanpa membayar banyak. Belilah script reseller ini di internet.
    9. Hindari SPAM
    Jangan sekali-kali mengirim spam! Baik di email, atau di chatting. Pengunjung akan jengkel dan pasti tidak mau membeli produk anda. Dan ini akan menurunkan kepercayaan terhadap website anda. Dan juga tidak semua orang yang anda kirimi email itu menyukai produk anda.
    10. Beriklan melalui artikel atau soft advertorial
    Buatlah artikel yang bermanfaat bagi pengunjung website anda dan berikan link menuju website anda di akhir artikel. Jadi pengunjung tidak mengecap anda sebagai spammer dan akan meningkatkan keparcayaan website anda.
    (NUR ARIFAH - 1022020)

  16. sarivita Says:

    Saya berpendapat bahwa bisnis online juga memiliki prospek untuk maju.Saya akan mencari strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan cara melakukan penyebaran pemasaran itu sendiri, atau sering dikenal dengan istilah bauran pemasaran. Bauran pemasaran sendiri didefinsikan sebagai suatu strategi yang dilakukan mengetahui serta menghasilkan pelayanan produk yang memuaskan pada suatu segmen pasar tertentu yang mana segmen pasar tersebut telah di jadikan sasaran pasar untuk produk yang telah diluncurkan untuk menarik konsumen sehingga terjadi pembelian.(1022013)

Posting Komentar