Posted By : Shoir Nur Ikhsan





http://oktober1992.blogspot.comStorm Worm adalah virus komputer yang munculpadatahun 2006, Storm Worm iniadalahsebuahjulukan yang di berikanolehperusahaan di Finlanddia F-Secure, Strom Worm inimenyebarmelalui via Email denganjudul230 dead as storm betters Europe Storm worm iniadalahsebuah program Trojan House yang daribeberapaversinyadapatmembuatmenjadi bots ataumembuat computer menjadimengirimkan email spam secara automatic, Worm Storm menyumbang 8% dariseluruhinfeksi malware secara global.
Anti virus Yang digunakan :BitDefender Antivirus (www.bitdefender.com) . MenurutWikipedia : The Storm Worm (dijulukisehinggadenganperusahaanFinlandia F-Secure) adalah backdoor Trojan horse yang mempengaruhikomputermenggunakansistemoperasi Microsoft,  ditemukanpadatanggal 17 Januari 2007.  worminijugadikenalsebagai:
Small.damatau Trojan-Downloader.Win32.Small.dam (F-Secure)
     CME-711 (Mitre)
     W32/Nuwar @ MM dan Downloader-BAI (variantertentu) (McAfee)
Troj / Dorfdan Mal / Dorf (Sophos)
Trojan.DL.Tibs.Gen! Pac13 [3]
     Trojan.Downloader-647
Trojan.Peacomm (Symantec)
     TROJ_SMALL.EDW (Trend Micro)
     Win32/Nuwar (ESET)
     Win32/Nuwar.N @ MM CME-711 (Windows Live OneCare)!
     W32/Zhelatin (F-Secure dan Kaspersky)
Trojan.Peed, Trojan.Tibs (BitDefender)
The Storm Worm mulaimenginfeksiribuan (kebanyakanswasta) komputer di EropadanAmerikaSerikatpadaJumat, Januari 19, 2007, menggunakanpesan e-mail denganbarissubjektentangbencanacuacaterakhir, "230 matisebagaibadai batters Europe" .selamaakhirpekanadaenamgelombangberikutnyadariseranganSebagai 22 Januari 2007, Storm Worm menyumbang 8% darisemuainfeksi malware global..
2. Leap-A/Oompa- A
Leap-A/Oompa- A adalah virus komputer yang menyerang system oprasi Mac Os yang mampumengirimkanpesankesemuakontak yang andamilikipada iChat, virus inimasukmelalui iChat yang berformat JPEG, virus Leap-A atauOompa- A belumcukupberbahayatetapipadazamaniniteryataada orang yang mampumembuatsebuah virus yang mampumenembussistemoperasi Mac Osmeskipunpada Mac Osmemilikikonsep security through obscurity yang yakinakantidakada virus yang menembussistemnya.
Anti virus Yang digunakan : Kaspersky Anti-Virus (www.kaspersky.com)

3. Sasser virus
Sasser Virus, virus komputerinimampumelumpuhkan system Window yang mampudibuatnyasampaitidakbisamelakukan proses ShutDowntanpapadasumberdayanyaataualiranlistriknya di cabut, virus initidakmenyebarmelaluivvia email tetapibila computer yang terserang virus iniadakoneksidengan computer yang lain maka virus iniakanberjalansecaraotomatisdan computer yang pertamanyatidakterserang virus inimenjadiikutterserang. Netsky, Netskyadalah virus yang menyebarmelalui via email dengan 22 Kb attachment file danjaringan Windows, bilanetskyinimenyerangakanmemyebabkanpada system DOS akanmengalamieror. Sasser and Netskyini di buatolehseoranganak yang berumur 17 tahun yang bernama Seven Jaschan,
Anti Virus Yang digunakan ;Webroot Antivirus (www.webroot.com)



4. MyDome
MyDomeadalah virus komputer yang menyebarmelalui via email selaiituMyDomeinimenyebarmelalui media search engines (seperti Google) virus inimulaimenyebartanggal 1 february 2004 yang laludanmenyerang DOS yang kedua virus inimenyebarpadatanggal 12 february 2004, garagaraMyDomeinitersebarpada search engines SENATOR US CHUCK SCHUMER mengajukan agar secepatnyamembuat National Virus Response Center.
Anti Virus Yang digunakan : ESET Nod32 (www.eset.com)

5. SQL Slammer/Saphire
SQL Slammer/Saphireinimulaimenyebarpadajanuari 2003 virus inimenyebarcepatmelalui internet.Pada 2003 ATM Bank Amerikamengalami crash, danmenyebabkanlayanan 911 Seattle hancurdan Continental Airlines membatalkanpenerbangganmerekakarenaerorcheckindanticketing,maka virus SQL Slammer/Saphireinimenyebabkankerugianmencapai $1Miliar.
Anti virus Yang digunakan : AVG Anti-Virus (www.avg.com)

6. Nimba virus
Nimba virus inimenyebarpadatahun 2001 danpenyebarannyasangatlahcepat, Nimba virus iniadalahmemilikitargen server server besardanmembuatnyamenjadi backdoor keOs, virus inicarapenyebarannyamelalui internet access, menurutTruSecure CTO Peter Tippet Nimba virus inihanyabutuh 22 menituntukmasukmenjadi TOP teen Virus tercanggih.
Anti Virus :Vipre Antivirus + Antispyware (www.vipreantivirus.com)

7. Code Red & Code Red II
Code Red & Code Red II, virus komputerinimunculpadamusimpanas 2001, virus inibertujuanpadasaat computer berhubungandengan White House makasemua computer yang kena virus Code Red & Code Red II iniakanmengaccesske web di white House secaraotomatisdanberbarengan, makaakanmenjadi overload atauserangankeDDoS, Code Red & Code Red II inimenyerang OS Windows 2000 dan NT.
Anti virus : F-Secure Anti-Virus (www.f-secure.com)

8. The Klez
The Klez, virus inibarumenyerangpadatahun 2001, The Klezinimenyerangmelalui Via Email, Virus inidapatmenggandakan email danterusmengirimkannyakesemua yang adapadaaddres book.The Klezinijugadapatmenyebabkankumputerandatidakbisaberoprasisecara normal dantidakdapatmenghentikan anti virus.
Anti Virus : Trend Micro (www.trendmicro.com)

9. ILOVEYOU
ILOVEYOU adalah Virus komputer yang munculnyadari Filipina yang berbentuk Worm, virus inimenyebar via email, Virus inidapatmembuat file virus inidanmereplikasidengansendirinya, Virus ILOVEYOU iniberjudulkansuratcintadaripengagumrahasia, Original file nyaatauindukdari virus iniadalah LOVE-LETTER- FOR-YOU.TXT. vbs., VBS (Visual Basic Scripting) , pencipta virus ILOVEYOU iniadalahOnel de Guzman dari FILIPINA
Anti Virus : McAfee VirusScan (www.mcafee.com)

10. Melissa virus
Melissa virus ini di buatpadatahun 1999 oleh David L Smith, virus inimenyebar Via email dengan document Here is that document you asked for, dont show it to anybodey else.Bilaandamembuka file yang dikirimkannyainimaka document iniakanmenyebarsecaraotomatis . dandapatmenyebabkanreplikasi virus inisecaraotomatismengirimkan document inike 50 Top email address yang ada di email anda.
Anti virus : Norton AntiVirus (www.symantec.com)
»»  SELANJUTYA...

14.46

 

Oleh : Aris Adi N
TEMPO.CO, Beijing - Twitter meminta maaf atas peringatan kemungkinan peretasan akun Twitter sejumlah jurnalis asing yang tengah meliput perhelatan kongres partai komunis Cina dan berimbas pada yang lain. Mereka menyatakan, email yang dikirim lebih awal adalah sebuah kesalahan.
Twitter memposting permintaan maaf Kamis, beberapa jam setelah sejumlah wartawan dan analis diberitahu mengenai upaya peretasan. Mereka menyatakan secara otomatis akan me-reset password dalam kasus ketika sebuah akun diyakini mungkin tengah diretas.
Namun, kali ini mereka menyatakan "tak sengaja me-resset password dan sejumlah akun" di luar mereka yang dicurigai akunnya diretas. "Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan atau kebingungan yang mungkin ditimbulkan," tulis mereka.
Email dikirim Kamis dini hari, namun tak menjelaskan siapa yang mencoba melakukan peretasan.
Pengguna Internet di Cina tak bebas mengakses situs internasional, termasuk Twitter. Umumnya, pengguna harus melakukannya melalui pemasangan software khusus untuk menghindari sensor.
Namun, tak sedikit yang ketahuan karena melakukan langkah ini. David Bandurski, pimpinan China Media Project di Hong Kong, menyatakan dia memposting melalui akun Twitter-nya potongan pidato Presiden Cina Hu Jintao saat membuka Kongres. Selang beberapa saat, pesannya telah lenyap.
»»  SELANJUTYA...

Posted by : Eni Wibowo 1022042 



iPhone 5 merupakan salah satu perangkat paling ditunggu sejak tahun 2010 sebelum kehadiran iPhone 4S. Meski bukan ponsel “raksasa” yang memiliki layar berukuran jumbo iPhone 5 mampu menyedot perhatian semua orang. Dengan teknologi baru seperti retina display dan jaringan 4G LTE orang rela mengantri hingga 24 jam di depan toko apple saat launching. Apakah cuma itu saja ? Tentu saja tidak. iPhone 5 benar – benar dibangun oleh teknisi handal, sistem operasi baru iOS 6, fitur baru, bahkan SIM card-nya pun tidak lagi menggunakan micro SIM melainkan Nano SIM. Semua itu diciptakan agar fanboy ( julukan penggemar iPhone ) tidak kecewa dengan kehadiran iPhone 5.
Tidak usah basa basi lagi semua orang kini sudah tahu iPhone 5 dan pada kesempatan ini kami dari Eragadget akan membahas secara detail. Sumber ulasan ini kami dapat setelah mengamati beberapa situs review besar dan terpercaya di Dunia Cnet, Techradar, dan Engadget. Langsung saja, inilah iPhone 5 sang pemecah rekor penjualan terbaik 2012.

iPhone 5

Apa Perbedaan iPhone 5 dengan iPhone 4S ?
Itulah pertanyaan yang sering dilontarkan seseorang ketika mendengar kabar launching iPhone 5. Jika di iPhone 4S, kita tidak akan menjumpai teknologi jaringan 4G pada iPhone 5 kita akan menggunakannya. Sayangnya, di Indonesia masih belum ada teknologi ini sehingga percuma saja, teknologi andalannya tidak dapat kita nikmati disini. Selain itu ukuran layar juga lebih besar, kamera lebih tajam dengan fitur andalan mode panorama yang mampu menciptakan gambar setara dengan 28MP. Selain itu, iOS 6 juga memberikan sejumlah perubahan misalnya seperti turn by turn navigasi, Smart SIRI, dan passbook, dompet digital yang bisa menyimpan gift card, pass boarding, dan tiket.
Seandainya di Negara kita ada jaringan 4G LTE, kita tak perlu lagi menggunakan modem kabel ( ADSL ) yang ditancapkan ke Wi-Fi box. Dengan iPhone 5 kita bisa sharing koneksi internet atau lebih familiar disebut tethering. 4G LTE dalam uji testnya mampu mengakses jaringan internet dengan kecepatan 10 – 20 Mbps, bandingkan dengan ADSL ( speedy misalnya ) yang hanya mampu memberikan kecepatan 1 – 3 Mbps saja.
Desain
Semuanya baru, yang sudah pernah kami ulas pada pembahasan Apple iPhone 5. Apple telah mendasain ulang seluruh bagian iPhone 5 misalnya headphone earpod dalam satu tempat. Konektor lebih kecil dengan jumlah pin lebih sedikit tapi menawarkan performa yang baik saat digunakan mentransfer file.

Siapa sangka, meski ukurannya diperbesar ( lebih tepatnya diperpanjang) dan bodi dipertipis membuat iPhone 5 lebih ringan ketimbang iPhone 4S. Bagi yang terbiasa menggunakan iPhone 4S Anda akan merasa bahwa iPhone 5 benar – benar perangkat baru yang lebih besar dan lebih ringan.

Ukuran layar lebih panjang dan tampilannya lebih halus, sehingga memberi ruang ekstra untuk menaruh short cut aplikasi. Pada posisi landscape, keyboard jadi lebih nyaman untuk digunakan dan menonton video jadi lebih lega. Salah satu kendalanya adalah game jadi tidak fullscreen, dan ada jeda kedua sisi aplikasi game. Sebentar lagi mungkin akan ada perubahan strategi dari pengembang game untuk menciptakan resolusi jadi lebih tinggi sehingga terlihat lebih tajam dan lebih hidup.

Bodi yang terbuat dari bahan logam membuatnya jadi perangkat paling premium jika dibandingkan dengan Nokia Lumia 900 maupun Samsung Galaxy S3. Tapi, memiliki ukuran paling kecil diantar kedua smartphone tersebut yang masing – masing menggunakan sistem operasi Windows Phone dan Android.

Beralih kebagian samping, sulit bagi kita untuk membedakan antara iPhone 4/4S karena terlihat sangat mirip. Mulai dari tata letak tombol volume yang sama membulat, slot SIMCard, dan “irisan” bodi samping. Yang membedakannya adalah ukuran, iPhone 5 lebih panjang namun slot SIM Card lebih kecil.
Sedangkan di bagian belakang, kita tidak akan lagi menjumpai Gorilla Glass seperti pada iPhone 4S dan menggantinya dengan logam. Tampilan dua nada warna ini tampak baru berbeda dari iPhone sebelumnya yang polos mulai dari atas sampai bawah. Apple menyatakan bahwa logam tersebut berbahan almunium sama seperti yang digunakan pada laptop MacBook.
User Interface
Setelah 5 tahun berlalu akhirnya generasi iPhone merubah ukuran layar, sebenarnya bukan hal sulit bagi Apple tapi sulit bagi pengguna. Itulah Apple yang tidak hanya mementingkan kemewahan melainkan juga fungsi telepon sesungguhnya bagi pengguna. Dengan ukuran layar besar, mustahil bagi kita untuk bisa menggunakan telepon hanya dengan satu tangan. Sebenarnya ukuran 3,5 inchi sudah ideal bagi tangan dan jempol kita untuk memegang dan memilih menu. Sayangnya, permintaan pasar yang mengarah pada ukuran layar lebih lega membuat Apple mengubah strategi mereka.

Kini kita bisa merasakan perbedaan itu, dari yang semula hanya 3,5 inchi beresolusi 960×640 pixel berubah berubah menjadi 4 inchi 1.136 x640-pixel. Meski lebih besar, teknologi retina mampu mempertahankan ketajaman layar bahkan lebih tajam dari iPhone sebelumnya.
Tidak ada perubahan pada user interface, Apple tetap mempertahankan gaya lama yang dipakainya sejak generasi iPhone pertama kotak – kotak. Bedanya dengan yang lama adalah jumlah baris dari 4 menjadi 5 namun untuk kolom masih tetap 4 dengan tambahan menu 1 baris dibawah.


Sedangkan untuk iMovie, iPhoto, Pages, Numbers, Keynote, GarageBand, iCards, dan semua aplikasi built in iPhone 5  (Maps, Pengingat, Pesan, Foto, Kamera, Video, Cuaca, Passbook, Notes, Saham, Kios, iTunes , App Store, Game Center, Kontak, Kalkulator, Kompas, Voice Memos, Mail, Safari, Musik, dan telepon) dapat ditampilkan dengan sempurna. Bahkan ruang yang lebih luas ini menjadikan tampilan aplikasi jadi lebih baik.
Kamera
Kamera di bagian belakang sudah mengalami tweak sehingga terasa seperti kamera baru. Meski masih 8 megapiksel, teknologi safir crystal lens ini dapat menyesuaikan pencahayaan, stabilisasi gambar termasuk pada rekaman video 1080p, dan stabilitas saat panning pada panorama.
Kinerja : Prosesor A6

Masih belum jelas berapa jumlah core pada prosesor A6, bisa jadi dual core atau quad-core seperti prosesor yang booming baru – baru ini. Yang jelas kecepatan prosesor ini 2 kali lebih cepat dari prosesor A5 yang tertanam pada iPhone 4S. Tim review dari Engadget mengujinya dalam sebuah tayangan video. Dimama saat mereka menyentuh aplikasi secara bersamaan iPhone 5 akan membuka terlebih dahulu. Sayangnya saat proses booting, kami lihat iPhone 4S lebih dulu menyala ketimbang iPhone 5 tapi di video tersebut di potong begitu saja oleh editor.
Terasa Panas
Ada satu hal yang mengganjal saat menggunakan iPhone 5 yaitu terasa panas ketika browsing pada jaringan 4G LTE. Bahkan, panas ini muncul saat melakukan panggilan dengan facetime dalam waktu 20 menit.

Baterai iPhone 5

Jadi satu tanda tanya besar, dengan ukuran lebih tipis, lebih ringan, dan tambahan jaringan 4G LTE, bagaimana kemampuan baterainya ? Lebih tepatnya sampai berapa lama iPhone 5 mampu bertahan hidup jika seluruh fiturnya diaktifkan ? Jawabannya adalah tidak terlalu mengecewakan. Apple menjanjikan masa pakai 8 jam waktu bicara 3G, 8 jam browsing 3G, 8 jam browsing LTE, 10 jam Wi-Fi browsing, 10 jam pemutaran video, 40 jam pemutaran musik, dan 225 jam waktu siaga. Kami tidak bisa berkomentar terlalu banyak karena belum mengujinya secara langsung. Mungkin nanti kalau di Indonesia sudah tersedia iPhone 5
»»  SELANJUTYA...



Posted By : Tejo Sulaksono (1022038)
    Kecepatan komputer selalu didambakan oleh siapa saja. Berbagai usaha dan penelitian terus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komputer. Beberapa waktu yang lalu super komputer tercepat di dunia telah hadir untuk membantu militer amerika melakukan perhitungan. Kini giliran sebuah teknologi di bidang Memory komputer.
Sebelumnya Anda pasti pernah mendengar istilah RAM (Ramdom Access Memory) untuk menyebut memory komputer. Memory RAM ini memiliki berbagai jenis mulai dari EDO RAM, DDR1, DDR2 dan beberapa jenis lainnya.
Namun ternyata RAM saja elum cukup untuk memuaskan kebutuhan manusia akan tuntutan kecepatan. Oleh karena itu, Fisikawan dan Insinyur Jerman mengembangkan sebuah jenis memory baru.
Memory tersebut diberi nama Magnetoresistive Random Access Memory (MRAM), memory ini bukan hanya lebih cepat daripada RAM tetapi juga Lebih hemat Energi. Kehadiran MRAM sepertinya akan meningkatkan perkembangan mobile computing dan level penyimpanan dengan cara membalik arah kutub utara-selatan medan magnit.
IBM dan beberapa perusahaan pengembang yang lain berencana menggunakan MRAM, MRAM ini akan memutar elektron-elektron untuk mengganti kutub magnet. Hal ini juga dikenal sebagai spin-torque MRAM (Torsi putar MRAM) teknologi inilah yang kini sedang dikembangkan oleh para fisikawan dan insinyur Jerman.
Dengan membangun pilar-pilar kecil berukuran 165 nano meter, akan mengakibatkan magnet variabel pada atas lapisan akan mengakibatkan arus listrik mengalir dari bawah ke atas dan akan memutar posisi elektron. Medan magnet ini akan berubah dan hanya membutuhkan sedikit waktu untuk merubah kutub medan magnet ini. Kemudian kutub utara dan selatan akan bertukar.
Jika anda bingung dengan proses di atas, tidak usah dihiraukan juga tidak apa-apa. Atau kalau mau membaca sendiri yang versi inggris disini.
Yang pasti, kecepatan MRAM mencapai 10 kali lipat kecepatan RAM. KEcepatan ini masih bisa terus dikembangkan dimasa depan.
»»  SELANJUTYA...


   Posted By : Iska Nurvitasari
    Sejarah Etika Komputer
  • Era 1940 – 1950-an
Diawali dengan penelitian Norbert Wiener ( Prof. dari MIT ) tentang komputasi pada meriam yang mampu menembak jatuh pesawat yang melintas di atasnya (PD II ).
  • Ramalannya tentang komputasi moderen yang pada dasarnya sama dengan system jaringan syaraf yang bisa melahirkan kebaikan sekaligus malapetaka.
  • Era 1960-an
Ungkapan Donn Parker : “that when people entered the computer center, they left their ethics at the door”.
  • Dalam contoh kasus pemrosesan data, spesialis computer bisa mengetahui data apa saja secara cepat.
  • Era 1980-an
Kemunculan kejahatan computer ( virus, unauthorized login, etc ).
  • Studi berkembang menjadi suatu diskusi serius tentang masalah etika computer. Lahirlah buku “Computer Ethics” ( Johnson, 1985 ).
  • Era 1990-an sampai sekarang
Implikasi pada bisnis yang semakin meluas akibat dari kejahatan computer, membuat lahirnya forum-forum yang peduli pada masalah tersebut.
( ETHICOMP by Simon Rogerson, CEPE by Jeroe van Hoven etc ).
2.      Isu-Isu Pokok Etika Komputer
  • Kejahatan Komputer
Kejahatan yang dilakukan dengan computer sebagai basis teknologinya.
Virus, spam, penyadapan, carding, Denial of Services ( DoS ) / melumpuhkan target
  • Cyber ethics
Implikasi dari INTERNET ( Interconection Networking ), memungkinkan pengguna IT semakin meluas, tak terpetakan, tak teridentifikasi dalam dunia anonymouse.
  • Diperlukan adanya aturan tak tertulis        Netiket, Emoticon.
  • E-commerce
Otomatisasi bisnis dengan internet dan layanannya, mengubah bisnis proses yang telah ada dari transaksi konvensional kepada yang berbasis teknologi, melahirkan implikasi  negative; bermacam kejahatan, penipuan, kerugian karena ke-anonymouse-an tadi.
  • Pelanggaran HAKI
Masalah pengakuan hak atas kekayaan intelektual. Pembajakan, cracking, illegal software dst.
  • Tanggung jawab profesi
Sebagai bentuk tanggung jawab moral, perlu diciptakan ruang bagi komunitas yang akan saling menghormati. Misalnya IPKIN ( Ikatan Profesi Komputer & Informatika-1974 )

3.      Perkembangan Internet
Sejak awal peradaban, manusia selalu termotivasi memperbaharui teknologi yang ada. Hal ini merupakan perkembangan yang hebat dan terus mengalami kemajuan. Dari semua kemajuan yang signifikan yang dibuat oleh manusia sampai hari ini, mungkin hal yang terpenting adalah perkembangan internet.
Internet ( Interconection Networking ) merupakan suatu jaringan yang menghubungkan computer diseluruh dunia tanpa dibatasi oleh jumlah unit menjadi satu jaringan yang bisa saling mengakses. Dengan internet tersebut, satu computer dapat berkomunikasi secara langsung dengan computer lain diberbagai belahan dunia.
Alasan mengapa era ini memberikan dampak yang cukup signifikan bagi berbagai aspek kehidupan.
  1. Informasi pada internet bisa diakses 24 jam dalam sehari
  2. Biaya murah dan bahan gratis
  3. Kemudahan akses informasi dan melakukan transaksi
  4. Kemudahan membangun relasi dengan pelanggan
  5. Materi dapat di up-date dengan mudah
  6. Pengguna internet telah merambah ke segala penjuru

4.      Karakteristik Dunia Maya
Internet identik dengan cyberspace atau dunia maya. Dysson (1994) cyberscape merupakan suatu ekosistem bioelektronik di semua tempat yang memiliki telepon, kabel coaxial, fiber optic atau elektomagnetik waves. Hal ini berarti bahwa tidak ada yang tahu pasti seberapa luas internet secara fisik.
Karakteristik dunia maya ( Dysson : 1994 ) sebagai berikut :
  1. Beroperasi secara virtual / maya
  2. Dunia cyber selalu berubah dengan cepat
  3. Dunia maya tidak mengenal batas-batas territorial
  4. Orang-orang yang hidup dalam dunia maya tersebut dapat melaksanakan aktivitas tanpa harus menunjukkan identitasnya
  5. Informasi di dalamnya bersifat public

5.      Pentingnya Etika di Dunia Maya
adirnya internet dalam kehidupan manusia telah membentuk komunitas masyarakat tersendiri. Surat menyurat yang dulu dilakukan secara tradisional (merpati pos atau kantor pos) sekarang bisa dilakukan hanya dengan duduk dan mengetik surat tersebut di depan computer.
Beberapa alasan mengenai pentingnya etika dalam dunia maya adalah sebagai berikut:
  1. Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda.
  2. Pengguna internet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia anonymouse, yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.
  3. Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.
  4. Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya “penghuni” baru didunia maya tersebut.

6.      Netiket : Contoh Etika Berinternet
Netiket atau Nettiquette, adalah etika dalam berkomunikasi menggunakan internet.
a.       Netiket pada one to one communications
Yang dimaksud dengan one to one communications adalah kondisi dimana komunikasi terjadi antarindividu “face to face” dalam sebuah dialog.
b.      Netiket pada one to many communications
Konsep komunikasi  one to meny communications adalah bahwa satu orang bisa berkomunikasi kepada beberapa orang sekaligus. Hal itu seperti yang terjadi pada mailing list dan net news.
c.       Information services
Pada perkembangan internet, diberikan fasilitas dan berbagai layanan baru yang disebut layanan informasi (information service). Berbagai jenis layanan ini antara lain seperti Gropher, Wais, Word Wide Web (WWW), Multi-User Dimensions (MUDs), Multi-User Dimensions which are object Oriented (MOOs)





7.      Pelanggaran Etika
Seperti halnya etika dalam kehidupan bermasyarakat, sanksi yang diperoleh terhadap suatu pelanggaran adalah sanksi social. Sanksi social bisa saja berupa teguran atau bahkan dikucilkan dari kehidupan bermasyarakat.
Demikian juga dengan pelanggaran etika berinternet. Sanksi yang akan diterima jika melanggar etika atau norma-norma yang berlaku adalah dikucilkan dari kehidupan berkomunikasi berinternet.

8.      Etika Profesi Dan Tanggung Jawab Profesi IT    

Kode etik profesi Informatikawan merupakan bagian dari etika profesi.Kode etik profesi merupakan lanjutan dari norma-norma yang lebih umum yang telah dibahas dan dirumuskan dalam etika profesi. Kode etik ini lebih memperjelas,mempertegas dan merinci norma-norma ke bentuk yang lebih sempurna walaupun sebenarnya norma-norma terebut sudah tersirat dalam etika profesi. Dengan demikian kode etik profesi adalah sistem norma atau aturan yang ditulis secara jelas dan tegas serta terperinci tentang apa yang baik dan tidak baik, apa yang benar dan apa yang salah dan perbuatan apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan oleh seorang profesional. Tujuan utama dari kode etik adalah memberi pelayanan khusus dalam masyarakat tanpa mementingkan kepentingan pribadi atau kelompok. Adapun fungsi dari kode etik profesi adalah :           
1. Memberikan pedoman bagi setiap anggota profesi tentang prinsip profesionalitas yang digariskan.
2. Sebagai sarana kontrol sosial bagi masyarakat atas profesi yang bersangkutan
3. Mencegah campur tangan pihak diluar organisasi profesi tentang hubungan etika dalam keanggotaan profesi.           

Etika profesi sangatlah dibutuhkan dalam berbagai bidang khususnya bidang teknologi informasi.Kode etik sangat dibutuhkan dalam bidang TI karena kode etik tersebut dapat menentukan apa yang baik dan yang tidak baik serta apakah suatu kegiatan yang dilakukan oleh IT-er itu dapat dikatakan bertanggung jawab atau tidak. Pada jaman sekarang banyak sekali orang di bidang TI menyalahgunakan profesinya untuk merugikan orang lain, contohnya hacker yang sering mencuri uang,password leat computer dengan menggunakan keahlian mereka. Contoh seperti itu harus dijatuhi hukuman yang berlaku sesuai dengan kode etik yang telah disepakati. Dan banyak pula tindakan kejahatan dilakukan di internet selain hacker yaitu cracker, dll. Oleh sebab itu kode etik bagi pengguna internet sangat dibutuhkan pada jaman sekarang ini.
Adapun kode etik yang diharapkan bagi para pengguna internet adalah :    

1. Menghindari dan tidak mempublikasi informasi yang secara langsung berkaitan dengan masalah pornografi dan nudisme dalam segala bentuk.    

2. Menghindari dan tidak mempublikasi informasi yang memiliki tendensi menyinggung secara langsung dan negatif masalah suku, agama dan ras (SARA), termasuk di dalamnya usaha penghinaan, pelecehan, pendiskreditan, penyiksaan serta segala bentuk pelanggaran hak atas perseorangan, kelompok / lembaga / institusi lain.   

3. Menghindari dan tidak mempublikasikan informasi yang berisi instruksi untuk melakukan perbuatan melawan hukum (illegal) positif di Indonesia dan ketentuan internasional umumnya.

4. Tidak menampilkan segala bentuk eksploitasi terhadap anak-anak dibawah umur.

5. Tidak mempergunakan, mempublikasikan dan atau saling bertukar materi dan informasi yang memiliki korelasi terhadap kegiatan pirating, hacking dan cracking.   

6. Bila mempergunakan script, program, tulisan, gambar / foto, animasi, suara atau bentuk materi dan informasi lainnya yang bukan hasil karya sendiri harus mencantumkan identitas sumber dan pemilik hak cipta bila ada dan bersedia untuk melakukan pencabutan bila ada yang mengajukan keberatan serta bertanggung jawab atas segala konsekuensi yang mungkin timbul karenanya.

7. Tidak berusaha atau melakukan serangan teknis terhadap produk, sumber daya (resource) dan peralatan yang dimiliki pihak lain.         

8. Menghormati etika dan segala macam peraturan yang berlaku di masyarakat internet umumnya dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap segala muatan / isi situsnya.

9. Untuk kasus pelanggaran yang dilakukan oleh pengelola, anggota dapat melakukan teguran secara langsung.        

Dan walaupun sudah ada kode etik diatas tetapi tidak semua para pengguna internet dan IT-er mematuhi kode etik tersebut diatas. Selain itu juga sanksi UU Teknik Informatika bagi para pelanggar kode etik profesi dalam bidang TI belum begitu tegas dan jelas.

9.      Sikap yang harus Dimiliki  Seorang Teknisi Komputer
Selain harus menguasai berbagai macam teknik troubleshooting dan penanganannya,seorang teknisi komputer juga harus mempunyai sikap yang baik sebgai seorang teknisi:
  • Belajar dari Pengalaman dan Pelatihan. Anda harus selalu mengupdate pengetahuan dalam berbagai permasalahan dan penanganan berdasarkan pengalaman yang pernah anda temui karena teknologi tidak pernah berhenti dan terus berkembang.
  • Meningkatkan Kemampuan, Yakni kemampuan dalam menggunakan pengetahuan pada situasi hal baru.
  • Disiplin. Segala sesuatu yang dikerjakan oleh seorang teknisi komputer harus tertata dengan baik, menghormati semua customer, dan yang paling penting adalah meyakinkan persepsi customer terhadap masalah sebenarnya.
  • Kemampuan Berkomunikasi. Hal ini juga sangat perlu pada saat anda mengidentifikasi masalah yang ada berdasarkan informasi dari Customer.
  • Mempunyai Kemampuan Berfikir Logis dan Kreatif. Hal ini penting agar dapat memberikan penjelasan yang baik dan benar kepada customer sehingga mudah dipahami.
  • Sikap Rendah Hati. Hal ini penting karena sebagai teknisi komputer anda adalah pelayan bagi Customer.
  • Cara Kerja yang Terperinci, yaitu dengan memperhatikan dan mengetahui seluruh sistem dan cara kerja komputer sehingga pada saat anda melakukan troubleshooting, anda mengikuti prosedur dengan benar dan mendapatkan hasil yang cepat dengan analisis yang tepat.
  • Komitmen dalam Menyelasaikan Masalah. Ini merupakan tanggung jawab anda sepenuhnya sebagai seorang teknisi komputer.
  • Dapat Menentukan Prioritas. Anda juga harus dapat mennetukan prioritas pekerjaan yang harus segera anda tangani.
  • Berbagai Pengetahuan dengan Anggota tim (jika anda bekerja dalam tim) dan dengan customer.
  • Minat akan Teknologi, selalu mengupdate pengetahuan mengenai komputer.

»»  SELANJUTYA...